Latihan Manasik Haji Tahun 2016

Latihan Manasik Haji Tahun 2016

Latihan Manasik Haji Tahun 2016

HUBULO - Sesuai dengan kalender pendidikan Pesantren HUBULO TP 2016/2017 Pada hari Ahad tanggal 4 September 2016 yang bertepatan dengan 2 Zulhijjah 1437 H dilaksanakan latihan manasik haji tahun 2016 yang dimulai setelah shalat subuh. Pada pelaksanaaan manasik ini dilaksanakan haji tamattu' yaitu di awali dengan umrah terlebih dahulu. Adapun rute pelaksanaan latihan manasikhaji di mulai dari lapangan Ippot Tapa diibaratkan sebagai Bandara King Abdul Aziz untuk melaksanakn miqot kemudian para santri menuju lapangan sepak bola Pesantren HUBULO diibaratkan Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf umroh kemudian ke jalan antara asrama putra dan kantor Madrasah Tsanawiyah diibaratkan Mas'a atau Bukit Shafa dan Marwa setelah itu tahalul maka selesailah pelaksanaan umroh.

Kemudian para santri istirahat untuk sarapan pagi, pada pukul 07,30 sirine dibunyikan untuk pelaksanaan wukuf di arafah yaitu dapan Madrasah aliyah HUBULO para santri jamaah haji berduyun duyun menuju Arafah lalu mendengarkan khutbah wukuf yang disampaikan Hidayat Jafar santri kls XII IPA kemudian melaksanakan shalat jama' taqdim.Setelah itu para santri menuju lapangan basket diibaratkan Muzdalifah untuk melaksanakan mabit dan shalat jama' ta'khir dan mengambil batu 7 butir untuk lempar jumrah aqobah karena menggunakan nafar awal.

Setelah itu para santri menuju asrama putri diibaratkan sebagai Mina lalu menuju ke kebun diibaratkan Jamarat untuk lempar jumrah baik ula , wustha, dan 'Aqobah. Kemudian para santri kembali lagi ke lapangan sepek bola (Masjidil Haram) untuk pelaksanaan thawaf kemudia sya'i dan diakhiri dengan tahalul. selesailah rangkaian latihan manasik haji dan para santri istirahat untuk menikmati snack yang disiapkan panitia. Setelah itu para santri diarahkan kembali ke lapangan sepak bola untuk melaksanakan Thawaf wada' atau tawaf perpisahan dan berakhirlah kegiatan latihan manasik ini pada pukul 10.00 Wita. Selain para santri kegiatan ini diikuti juga oleh para siswa SD dan SMP sekitar Kecamatan Tapa. Romi 82

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

 

Tambah