Implementasi Digital Farming Klaster Pertanian Binaan BI di Pesantren HUBULO

Implementasi Digital Farming Klaster Pertanian Binaan BI di Pesantren HUBULO

Implementasi Digital Farming Klaster Pertanian Binaan BI di Pesantren HUBULO

HUBULO-Bank Indonesia (BI) melaksanakan kegiatan Implementasi Pilot Project Digital Farming dan Pelatihan SIAPIK kepada Pondok Pesantren dan Klaster Pertanian Binaaan Bank Indonesia di ruang pertemuan Pesantren HUBULO selama dua hari  Jum'at sd Sabtu (28 s.d 29/10/2022).

Kegiatan ini diikuti  oleh Dinas Pertanian, Pondok Pesantren binaan BI, Para santri tani Pesantren HUBULO  dan para petani binaan BI. Adapun pemateri pada kegiatan ini adalah Bapak Prof. Dr. Nugroho, Ketua Yayasan Anugrah Bangsa (ANSA) dan beliau juga penemu pupuk mikroba alfafa (MA 11) dan Pelopor Digital Farming MA 11.

Digital Farming merupakan teknologi pertanian yang memanfaatkan internet of things (IoT) yang dapat diintegrasikan dengan gawai (gadget) seperti smartphone, atau komputer. Saat ini penerpan teknologi digital farming ini dapat dilakukan baik disisi hulu maupun disisi hilir agar tercipta model bisnis pertanian yang terdigitalisasi. untuk itu Bank Indonesia Provinsi Gorontalo melaksanakan Capacity Building implementasi pilot project digital farming dan pelatihan SIAPIK di Pesantren HUBULO Desa Kramat Kec Tapa Kab Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

Adapun Capacity Building ini dilaksanakan  dengan harapan dapat meningkatkan literasi digital, pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan pengurus pertanian dalam mengolah lahan pertanian sehingga kedepan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani khususnya lahan pertanian binaan BI yang ada di Pesantren HUBULO. (Romi_82)

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

 

Tambah