Festival Hadroh Se Provinsi Gorontalo di Pesantren HUBULO

Festival Hadroh Se Provinsi Gorontalo di Pesantren HUBULO

Festival Hadroh Se Provinsi Gorontalo di Pesantren HUBULO

HUBULO-Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2023 M, tanggal 28 September 2023 Pesantren HUBULO melaksanakan lomba Festival Hadroh se Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Pesantren HUBULO. Lomba hadroh ini diikuti 11 grup hadroh  dari pesantren-pesantren di Gorontalo. Kegiatan ini tidak hanya sebagai perayaan tetapi juga sebagai ajang silaturahim antar pesantren di Gorontalo.

Ibu Pimpinan Pesantren HUBULO Hj. Rachmayanti Monoarfa berharap agar kegiatan lomba hadroh ini menjadi agenda berkelanjutan dan dapat diadakan di pesantren-pesantren lain di Gorontalo. " semoga kegiatan ini tidak hanya di Pesantren HUBULO tetapi dapat dilaksanakan di pesantren lain di Gorontalo" harapnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang PAPKIS mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Ibu Dra. Hj. Fitriyani Humokor, M.Pd.I. dalam sambutanya beliau menyampaikan " Pesentren HUBULO mencetuskan sebuah gagasan yang luar biasa karena disanalah 2 peran sekaligus di kedepankan yakni peran sebagai lembaga pendidikan dan peran sebagai lembaga dakwah. lembaga pendidikan seperti mendidik kadernya dibidang olahraga, dibidang seni, dibidang keterampilan untuk menjadi bekal dan skil santri. hari ini 2 peran itu sekaligus dimainkan oleh adik-adik santri dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW dan menumbuhkan serta mengasah seni hadroh yang merupakan sebagian kecil dari seni yang menjadi kultur pondok pesantren di Indonesia. Kami selaku Kementerian Agama memastikan bisa melayani lembaga-lembaga pondok pesantren khususnya di Provinsi Gorontalo mensuport dan mengapresiasi kegiatan Festival Hadroh ini".

Ketua Panitia Imam Sofian menegaskan perlunya pengembangan lebih lanjut terhadap lomba seni hadroh " seni hadroh ini seharusnya tidak hanya ditampilkan dalam acara pengajian, tetapi dalam berbagai acara lainnya".

Adapun hasil pemenang lomba festival hadroh sebagai berikut : Juara 1 Grup Nurun Nabi dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Randangan Kabupaten Pohuwato, Juara 2 Grup Nur Hubulo dari Pesantren HUBULO Tapa Kabupaten Bone Bolango, Juara 3 Grup Syabaabul Khairat dari Pondok Pesantren Al-Khairaat Tilamuta Kabupaten Bualemo. (Romi_82).

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

 

Tambah